Entri Populer

Rabu, 13 Juli 2011

Isu PAW KPU Dogiyai, Dibantah

JUBI --- Sejak pekan lalu, beredar isu melalui pesan singkat (SMS) bahwa lima anggota KPU Kabupaten Dogiyai telah diberhentikan oleh KPU Provinsi Papua. Namun, isu itu ternyata tidak benar. Bantahan disampaikan Ketua KPU Kabupaten Dogiyai, Marselus Dou, S.Sos saat dihubungi JUBI, Selasa (12/7) siang.

“Tidak, itu isu saja. Isu yang ditiupkan oleh pihak-pihak yang menghendaki Dogiyai kacau,” ujarnya.

Menurut Marsel, hingga kini belum ada pemberitahuan resmi dari KPU Provinsi Papua. “Saya dan empat anggota KPU, termasuk bagian sekretariat belum terima informasi tertulis maupun secara lisan. Jadi, itu isu murahan saja.”

Pelaksanaan Pemilukada perdana di Kabupaten Dogiyai masih dijalankan oleh KPU pimpinan Marselus Dou. Bersamaan pula agenda Pilgub Papua tahun 2011. “Dua agenda ini, Pemilukada dan Pilgub, sedang dijalankan di Dogiyai. Untuk Pilgub, kami ke Jayapura untuk laporkan kepada KPU Provinsi Papua menyangkut segala kesiapan yang harus dilakukan oleh KPU Dogiyai,” kata Marselus Dou, mantan wartawan Timika Pos dan Tempo Interaktif.

Dikatakan, KPU Provinsi Papua hingga hari ini masih mempercayakan lima orang yang dilantik di Jayapura, untuk menyelenggarakan tahapan Pemilukada Dogiyai dan Pilgub Papua. Jika ada penilaian dan keputusan berdasarkan evaluasi kinerja selama, kata Dou, siap menerima sebagai konsekuensi logis sesuai aturan yang berlaku sah di seluruh wilayah Indonesia. “Isu yang dikembangkan oknum tertentu bahwa KPU Proinsi Papua dalam rapat pleno hari Rabu (6/7), telah mem-PAW-kan dua orang, bahkan versi lain, lima orang anggota KPU Dogiyai, itu sangat tidak benar,” ujarnya menegaskan.

Sesilius Dimi, SE, Anggota KPU Dogiyai yang ditanya terpisah, mengaku tak mengerti dengan isu miring dari pihak tertentu. Ia sendiri belum mendapat pemberitahuan secara lisan maupun tertulis dari KPU Provinsi Papua.

“Jumat lalu, saya sempat bersama Ketua KPU Provinsi Papua. Tapi saat itu tidak disampaikan informasi soal PAW anggota KPU Dogiyai. Kalau benar, tentunya saya diberitahukan,” tuturnya.

Masyarakat dan semua pihak terkait diminta tidak mudah termakan isu-isu menyesatkan yang sengaja ditiupkan hanya untuk memperkeruh situasi Dogiyai yang saat ini aman.
Franz Ikow(J/04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar